Pendaftaran Mahasiswa Baru S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan UT

Seiring dengan dinamika lingkungan global, perluasan jangkauan pendidikan dan untuk memenuhi animo masyarakat serta mengantisipasi ketersediaan calon guru untuk jenjang sekolah dasar dan pendidikan anak usia dini, Universitas Terbuka membuka layanan program studi S1 PGSD prajabatan (pre-service) dan S1 PGPAUD prajabatan (pre-service) selain menyelenggarakan program yang sudah ada.

Calon mahasiswa dapat bergabung di group WhatsApp Calon Mahasiswa Baru UT Gorontalo untuk Diploma dan Sarjana melalui link Calon MABA UT Gorontalo.

Program studi S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan untuk calon mahasiswa yang belum pernah mengajar sebagai guru di SD/PAUD dengan ijasah terakhir SMA atau sederajat/ Paket C/Diploma.

Pendaftaran calon mahasiswa untuk program studi S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan terbagi atas program Non RPL dan program RPL.

Informasi kurikulum dapat diakses pada link berikut :

Katalog Kurikulum Program S1 PGSD dan S1 PAUD Pra Jabatan

Skema layanan pembelajaran dilakukan secara sistem paket semester (SIPAS) non TTM atau SIPAS Semi (Jika Kelas TTM Tersedia).

Berikut biaya pendidikan per semester untuk S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan :

Program StudiAkreditasiSIPAS NON TTMSIPAS SEMI
S1 PGSD Pra Jabatan ARp 1.900.000,-Rp 2.000.000,-
S1 PGPAUD Pra Jabatan ARp 2.400.000,-Rp 2.900.000,-

Informasi tentang biaya pendidikan Universitas Terbuka dengan rincian sebagai berikut :

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik yang terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya.

Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih yakni skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks).

Sistem Paket Semester (SIPAS) merupakan layanan yang disediakan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan registrasi seperti mata kuliah sudah dipaketkan per semester disertai modul dan fasilitas lainnya dengan jumlah biaya yang dibayar sama setiap semester.

Non-SIPAS (per sks) merupakan layanan untuk mempermudah mahasiswa khususnya mahasiswa yang melakukan alih kredit dalam memilih secara mandiri mata kuliah yang dipelajari disetiap semester. Non-SIPAS berlaku untuk mahasiswa selain PGSD dan PGPAUD.

Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM dan SIPAS Semi yang dibedakan berdasarkan jenis tutorial yang diterima.

Setiap pembayaran billing registrasi mata kuliah untuk semua jenis SIPAS sudah termasuk Tutorial Online/Tutorial Tatap Muka, biaya bahan ajar dan bahan pendukung pembelajaran serta kartu mahasiswa untuk mahasiswa baru.

Berikut rincian jenis SIPAS berdasarkan layanan tutorial :

Jenis SIPAS Biaya Pengiriman
Bahan Ajar
Jumlah Minimal Peserta Jumlah Mata Kuliah TTM Jumlah Mata Kuliah TUTON Keterangan
SIPAS Non TTM Ya - - Seluruh Mata Kuliah -
SIPAS Semi Tidak 20 Peserta 3 Mata Kuliah Mata Kuliah Selain
Mata Kuliah TTM
Jika Tersedia Kelas TTM / Beasiswa

Fasilitas yang disediakan dilayanan Non SIPAS memberikan mahasiswa kemandirian dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasikan disetiap semester sehingga mahasiswa dapat menentukan jumlah sks yang ingin diregistrasi dan jumlah biaya perkuliahan yang ingin dibayar disetiap semester.

Saat Registrasi mata kuliah untuk layanan Non SIPAS, biaya perkuliahan terbagi atas biaya perkuliahan, biaya bahan ajar, dan biaya pengiriman bahan ajar.

Saat Perkuliahan untuk layanan Non SIPAS juga disediakan Tutorial Online (TUTON) secara gratis.

Biaya pendaftaran mahasiswa baru untuk program diploma dan sarjana sebesar Rp. 100.000,- ( Seratus Ribu Rupiah ).

Khusus untuk calon mahasiswa yang melakukan pengajuan RPL dikenai biaya sebesar Rp300,000,00 ( tiga ratus ribu rupiah ).

Bagi calon mahasiswa S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan yang mendaftar dengan pendidikan terakhir SMA/SMK/MA/Paket C tanpa konversi nilai dapat memilih program Non RPL.

Biaya pendaftaran mahasiswa baru untuk program Non RPL sebesar Rp. 100.000,-.

Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :

KegiatanBatas Waktu
Pendaftaran Mahasiswa Baru6 Mei - 7 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB
Pembayaran Lip Admisi/Biaya Pendaftaran6 Mei - 14 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB
Unggah Berkas Mahasiswa Baru6 Mei - 21 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB
Nama Berkas Pendaftaran Keterangan
Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan Unduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Unduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen
Pas Foto 3x4 Disarankan Pas Foto Terbaru
Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga (KK) Asli

Data Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijasah Terakhir.

Jika data berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijasah Terakhir.

Ijasah Terakhir (Asli)

Jika ingin melampirkan ijasah asli, maka harap pastikan data NISN yang ada diijasah sudah terdaftar dilaman Kemendikbud pada link nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Jika data NISN belum terdaftar dilaman Kemendikbud, maka calon mahasiswa dapat melakukan legalisasi ijazah SMA sederajat di sekolah asal atau Dinas Pendidikan Provinsi sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup.

S1 PGSD atau S1 PGPAUD Pra Jabatan yang memilih jenis pendaftaran program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan transfer sistem kredit semester (sks) untuk calon mahasiswa :

  • Ijasah Terakhir Diploma 1 / Diploma 2 / Diploma 3.
  • Mahasiswa UT yang ingin pindah program studi.
  • Sedang menempuh pendidikan Diploma di Perguruan Tinggi sebelumnya.

Nilai Mata kuliah dari ijasah atau pendidikan sebelumnya yang diakui dalam proses RPL minimum bernilai B.

Biaya pendaftaran mahasiswa baru untuk program RPL sebesar Rp. 400.000,-.

Khusus calon mahasiswa program pendaftaran RPL prodi S1 PGSD dan S1 PGPAUD Pra Jabatan hanya dapat memilih jenis biaya pendidikan SIPAS Non TTM atau SIPAS Semi (tidak tersedia jenis biaya Non SIPAS).

Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :

KegiatanBatas Waktu
Pendaftaran Mahasiswa Baru 6 Mei - 10 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB
Pembayaran Lip Admisi/Biaya Pendaftaran6 Mei - 17 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB
Unggah Berkas Mahasiswa Baru6 Mei - 24 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB
Nama Berkas Pendaftaran Keterangan
Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan Unduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen Unduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen
Pas Foto 3x4 Disarankan Pas Foto Terbaru
Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga (KK) Asli

Data Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijasah Terakhir.

Jika data berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijasah Terakhir

Ijasah Asli SMA Sederajat

-

Fotocopy Legalisir Ijasah Terakhir cap basah

Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat.

Fotocopy Legalisir Transkrip Nilai Terakhir

Legalisasi Transkrip Nilai Diploma atau Transkrip Nilai Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat.

Nama Berkas Pendaftaran Keterangan
Screenshot PDDIKTI Mahasiswa/Alumni atau Surat Keterangan Alumni dari Perguruan Tinggi Asal

Screenshot PDDIKTI Data Mahasiswa/Alumni dari Universitas Asal dapat diakses di pddikti.kemdikbud.go.id

Jika data Data Mahasiswa / Alumni dari Universitas Asal di PDDIKTI tidak ditemukan maka silahkan melampirkan surat keterangan alumni dari perguruan tinggi asal.

Surat Penyelenggaraan / Akreditasi Program Studi Asal

Dilampirkan Surat Penyelenggaraan atau Akreditasi Perguruan Tinggi / Program Studi Asal.

Bagi calon mahasiswa lulusan SMA sederajat yang mendaftar program studi umum (bukan keguruan), maka tidak perlu melengkapi persyaratan berkas khusus.

Calon mahasiswa lulusan SMA sederajat program studi keguruan agar melengkapi berkas pendaftaran khusus sebagai berikut :

Nama Berkas Pendaftaran Keterangan
Fotocopy SK Pengangkatan Guru 

Minimal 1 Tahun Sebelum Mendaftar Mahasiswa Baru

Surat Keterangan Mengajar 

Ada Keterangan Terhitung Mulai Tanggal - TMT

 Sertifikat Diklat/Pelatihan

Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan belum mengikuti diklat.

Unduh File Belum Mengikuti Diklat
 Bukti Prestasi

Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak memiliki bukti prestasi.

Unduh File Tidak Memiliki Bukti Prestasi
 Dapodik

Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak terdata di dapodik.

Unduh File Belum Terdata Di Dapodik

Khusus calon mahasiswa yang memilih prodi Pendidikan Agama Islam dan bukan lulusan Madrasah Aliyah (MA) / Satuan Pendidikan Muadalah setara MA wajib melengkapi berkas tambahan berikut :

Nama Berkas Pendaftaran Keterangan
Surat Keterangan Kemampuan Membaca Al-Qur'an

Surat keterangan tersebut diterbitkan oleh instansi yang berkompeten dalam melakukan tes baca al-Qur'an

Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk program diploma dan sarjana Universitas Terbuka (UT) dilaksanakan secara online melalui SIA UT di laman admisi-sia.ut.ac.id.

Calon mahasiswa wajib menyiapkan mail aktif untuk digunakan saat membuat akun calon mahasiswa menggunakan Gmail atau Office 365 yang dipastikan dapat diakses sebelumnya.

Pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :

Melakukan register akun calon mahasiswa baru Universitas Terbuka program diploma dan sarjana dengan mengakses SIA UT melalui laman admisi-sia.ut.ac.id. Saat mengisi formulir pendaftaran, pada kolom kantor cabang UT dapat memilih Gorontalo.

Panduan pendaftaran calon mahasiswa baru diploma dan sarjana dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Cara Mendaftar Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka [Study akademic]

Calon Mahasiswa melakukan pembayaran billing pendaftaran tersebut di bank mitra UT (BRI/BTN/Bank Mandiri/BNI/BSI), PosPay, Gerai Alfagroup, atau Gerai Indomaret.

Biaya pendaftaran hanya berlaku satu kali masa pendaftaran sehingga tidak dapat digunakan untuk masa pendaftaran berikutnya.

Biaya pendaftaran/Admisi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali walupun calon mahasiswa tidak melanjutkan ke proses unggah berkas persyaratan atau Pencatatan data pribadi, termasuk jika calon mahasiswa yang dinyatakan gagal validasi (berkas persyaratan tidak valid/lengkap).

Panduan Pembayaran Billing pendaftaran/admisi Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

PANDUAN PEMBAYARAN BILLING UT

Setelah melakukan pembayaran billing pendaftaran, calon mahasiswa melanjutkan proses pendaftaran dengan mengakses SIA UT dilaman admisi-sia.ut.ac.id untuk mengisi data pribadi dan berkas pendaftaran.

Pastikan berkas pendaftaran sudah lengkap sesuai persyaratan yang ditentukan sebelum diunggah ke SIA UT.

Pastikan juga penulisan nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan di ijasah terakhir sama. Jika berbeda silahkan melakukan perubahan data nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir pada KTP.

Pengisian data dan berkas calon mahasiswa baru terbagi sesuai jenis pendaftaran yang dipilih baik Non RPL maupun RPL.

A. Calon Mahasiswa Non RPL

Panduan Pengisian Data Pribadi dan Data Berkas Calon Mahasiswa Non RPL di SIA UT dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Tutorial Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Terbuka [UT Padang]

B. Calon Mahasiswa RPL

Panduan Pengisian Data Pribadi dan Data Berkas Calon Mahasiswa RPL di SIA UT dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Tata Cara Proses Admisi RPL Universitas Terbuka [Universitas Terbuka TV]

Validasi data calon mahasiswa baru dilakukan oleh staf Universitas Terbuka setelah calon mahasiswa mengisi data pribadi dan data pendukung lainnya di SIA UT

Jika status validasi data calon mahasiswa baru berhasil, maka calon mahasiswa lanjut mencetak kartu mahasiswa sementara dan surat pernyataan.

Jika status validasi data calon mahasiswa baru gagal, maka calon mahasiswa harus melakukan perbaikan data baik data pribadi ataupun data file berkas sesuai pesan dari UT yang dikirim di email aktivasi SIA UT.

Panduan perbaikan data dan berkas pendaftaran di SIA UT melalui laman admisi-sia.ut.ac.id dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Panduan Aplikasi SIA - Registrasi Data Pribadi (Part 2/3) [Univesitas Terbuka TV]

Silahkan mencetak kartu mahasiswa sementara sebagai identitas mahasiswa sambil menunggu informasi pencetakan kartu mahasiswa. Kartu mahasiswa digunakan saat pelaksanaan kegiatan akademik termasuk saat pelaksanaan ujian akhir semester (UAS).

Berikut panduan mencetak kartu mahasiswa sementara saat status berhasil divalidasi :

Sumber Youtube ID : Proses Registrasi Sudah di Validasi [Study akademic]

Calon mahasiswa diharuskan melakukan registrasi mata kuliah secara online melalui My UT, atau menghubungi Nomor WhatsApp Pelayanan Mahasiswa (PELMA) UT Gorontalo di wa.me/6282189004878, atau datang ke Kantor UT Gorontalo pada hari dan jam kerja.

Registrasi mata kuliah adalah penentuan mata kuliah atau paket mata kuliah yang akan ditempuh pada suatu semester sesuai kurikulum masing-masing program studi.

Panduan Registrasi Mata Kuliah Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

REGISTRASI MATA KULIAH UT

Sebelum melakukan pembayaran uang kuliah, mahasiswa baru wajib memeriksa kesesuaian pilihan mata kuliah, alamat pengiriman bahan ajar, dan tempat ujian pada billing mata kuliah.

Jika masih terdapat kesalahan pilihan mata kuliah, alamat pengiriman bahan ajar, atau tempat ujian yang dipilih maka dapat melakukan drop/hapus billing mata kuliah dan membuat kembali billing mata kuliah baru sesuai mata kuliah yang diambil.

Jika semua informasi yang ada dibilling mata kuliah sudah sesuai, maka dilanjutkan melakukan pembayaran billing mata kuliah di bank mitra UT (BRI/BTN/Bank Mandiri/BNI/BSI), PosPay, dan Gerai Alfagroup sebelum batas akhir pembayaran billing mata kuliah.

Khusus mahasiswa penerima beasiswa yang telah kerja sama dengan Universitas Terbuka tidak perlu membayarkan billing mata kuliah secara mandiri.

Panduan Pembayaran Billing SPP Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

PANDUAN PEMBAYARAN BILLING UT

Setelah melakukan pembayaran uang kuliah, mahasiswa baru nantinya akan mengikuti kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang dilaksanakan oleh UT Gorontalo.

LKBJJ sebagai sarana pengenalan sistem dan cara pembelajaran di Universitas Terbuka (UT) dan fasilitas yang disediakan oleh UT untuk mahasiswa.

Informasi jadwal pelaksanaan LKBPJJ UT Gorontalo nanti akan diinformasikan selanjutnya.