UT Gorontalo
Making Higher Open To All
Universitas Terbuka membuka pendaftaran mahasiswa baru Program Diploma dan -Sarjana Universitas Terbuka (UT) Semester 2024/2025 Ganjil (Masa 2024 Ganjil) untuk pendidikan terakhir SMA Sederajat atau melalui program RPL.
Calon mahasiswa dapat bergabung di group WhatsApp Calon Mahasiswa Baru UT Gorontalo untuk Diploma dan Sarjana melalui link Calon MABA UT Gorontalo.
Pendaftaran mahasiswa baru Diploma dan Sarjana UT terbagi atas :
Bagi calon mahasiswa pendidikan terakhir SMA/SMK/MA/Paket C dapat memilih salah satu program studi yang tersedia di Unversitas Terbuka dengan biaya pendidikan / SPP berupa SIPAS (Sistem Paket Semester) Non TTM, SIPAS Semi, dan Non SIPAS.
Calon mahasiswa lulusan SMA sederajat memulai perkuliahan dari semester 1 sesuai kurikulum program studi yang dipilih kecuali Non SIPAS yang dapat memilih mata kuliah antar semester dengan lama perkuliahan sekitar 8 sampai 9 semester yang ditentukan berdasarkan kurikulum masing-masing program studi.
Informasi kurikulum dapat diakses pada link berikut :
Informasi biaya pendidikan sesuai program studi dapat diakses dilink berikut :
BIAYA PENDIDIKAN MAHASISWA BARU DIPLOMA DAN SARJANA
Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :
Kegiatan | Batas Waktu |
---|---|
Pendaftaran Mahasiswa Baru | 6 Mei - 7 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB |
Pembayaran Lip Admisi/Biaya Pendaftaran | 6 Mei - 14 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB |
Unggah Berkas Mahasiswa Baru | 6 Mei - 21 Agustus 2024 Pukul 23.59 WIB |
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan | Unduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan |
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen | Unduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen |
Pas Foto 3x4 | Disarankan Pas Foto Terbaru |
Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga (KK) Asli |
Data Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijasah Terakhir. Jika data berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijasah Terakhir. |
Ijasah Terakhir (Asli) |
Jika ingin melampirkan ijasah asli, maka harap pastikan data NISN yang ada diijasah sudah terdaftar dilaman Kemendikbud pada link nisn.data.kemdikbud.go.id/. Jika data NISN belum terdaftar dilaman Kemendikbud, maka calon mahasiswa dapat melakukan legalisasi ijazah SMA sederajat di sekolah asal atau Dinas Pendidikan Provinsi sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup. |
Bagi calon mahasiswa lulusan SMA sederajat yang mendaftar program studi umum (bukan keguruan), maka tidak perlu melengkapi persyaratan berkas khusus.
Calon mahasiswa lulusan SMA sederajat program studi keguruan agar melengkapi berkas pendaftaran khusus sebagai berikut :
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Fotocopy SK Pengangkatan Guru | Minimal 1 Tahun Sebelum Mendaftar Mahasiswa Baru |
Surat Keterangan Mengajar | Ada Keterangan Terhitung Mulai Tanggal - TMT |
Sertifikat Diklat/Pelatihan |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan belum mengikuti diklat. Unduh File Belum Mengikuti Diklat |
Bukti Prestasi |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak memiliki bukti prestasi. Unduh File Tidak Memiliki Bukti Prestasi |
Dapodik |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak terdata di dapodik. Unduh File Belum Terdata Di Dapodik |
Khusus calon mahasiswa yang memilih prodi Pendidikan Agama Islam dan bukan lulusan Madrasah Aliyah (MA) / Satuan Pendidikan Muadalah setara MA wajib melengkapi berkas tambahan berikut :
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Surat Keterangan Kemampuan Membaca Al-Qur'an | Surat keterangan tersebut diterbitkan oleh instansi yang berkompeten dalam melakukan tes baca al-Qur'an |
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Umum merupakan pendaftaran mahasiswa baru dengan proses konversi nilai baik untuk calon pendaftar lanjut studi dengan pendidikan terakhir Diploma/Sarjana, atau mahasiswa UT yang ingin pindah program studi, atau calon mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan Diploma/Sarjana di Perguruan Tinggi sebelumnya ingin pindah ke Universitas Terbuka.
Calon mahasiswa yang mengajukan RPL dapat mulai perkuliahan dengan melakukan registrasi mata kuliah yang tidak diajukan/belum lulus RPL walaupun mata kuliah tersebut berada antar semester sesuai kurikulum program studi dengan batasan kuota SKS registrasi sesuai kebijakan yang berlaku.
Lama perkuliahan ditentukan berdasarkan mata kuliah yang disetujui proses RPL, semakin banyak mata kuliah disetujui RPL maka semakin sedikit juga mata kuliah belum lulus yang akan diregistrasi.
Nilai Mata kuliah yang diakui minimum bernilai B.
Jenis layanan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang mengajukan RPL dapat memilih Non SIPAS. Hal ini dikarenakan bisa saja mata kuliah yang akan diajukan RPL berada antar semester dalam satu kurikulum program studi.
Informasi lengkap tentang Non SIPAS dapat diakses dilink berikut :
Saat ini belum semua program studi yang belum tersedia layanan RPL seperti S1 Parawisata.
Informasi program studi yang telah memenuhi persyaratan dan layak menyelengggarakan RPL dapat dilihat pada SIERRA KEMDIKBUD-RISTEK melalui laman sierra.kemdikbud.go.id .
Pengajuan RPL dikenai biaya sebesar Rp300,000,00 ( tiga ratus ribu rupiah ) dengan ketentuan sebagai berikut :
Minimal lulusan SMA sederajat.
Memiliki pengalaman dan hasil belajar dari pendidikan formal, nonformal (kursus/pelatih/diklat, informal, dan pengalaman kerja.
Menyerahkan dokumen ijazah/surat keterangan penempuhan stud/sertifikat, transkrip, dan sebagainya.
Mengisi dan menyerahkan lembar self-assesment, dan sebagainya.
Pengajuan hanya dapat diproses apabila dokumen yang dipersyaratkan telah lengkap dan valid.
Registrasi mata kuliah bagi calon mahasiswa RPL dilakukan setelah asesmen dan pengakuan alih kredit ditetapkan dengan SK Rektor.
Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :
Kegiatan | Batas Waktu |
---|---|
Pendaftaran Mahasiswa Baru | 6 Mei - 10 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Pembayaran Lip Admisi/Biaya Pendaftaran | 6 Mei - 17 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Unggah Berkas Mahasiswa Baru | 6 Mei - 24 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan | Unduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan |
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen | Unduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen |
Pas Foto 3x4 | Disarankan Pas Foto Terbaru |
Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Keluarga (KK) Asli |
Data Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijasah Terakhir. Jika data berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijasah Terakhir |
Ijasah Asli SMA Sederajat |
- |
Fotocopy Legalisir Ijasah Terakhir cap basah |
Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat. |
Fotocopy Legalisir Transkrip Nilai Terakhir |
Legalisasi Transkrip Nilai Diploma atau Transkrip Nilai Sarjana oleh Perguruan Tinggi asal. Untuk Perguruan Tinggi asal yang sudah tutup, legalisasi ijazah dapat dilakukan di LLDikti (L2Dikti) setempat. |
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Screenshot PDDIKTI Mahasiswa/Alumni atau Surat Keterangan Alumni dari Perguruan Tinggi Asal |
Screenshot PDDIKTI Data Mahasiswa/Alumni dari Universitas Asal dapat diakses di pddikti.kemdikbud.go.id Jika data Data Mahasiswa / Alumni dari Universitas Asal di PDDIKTI tidak ditemukan maka silahkan melampirkan surat keterangan alumni dari perguruan tinggi asal. |
Surat Penyelenggaraan / Akreditasi Program Studi Asal |
Dilampirkan Surat Penyelenggaraan atau Akreditasi Perguruan Tinggi / Program Studi Asal. |
Bagi calon mahasiswa lulusan SMA sederajat yang mendaftar program studi umum (bukan keguruan), maka tidak perlu melengkapi persyaratan berkas khusus.
Calon mahasiswa lulusan SMA sederajat program studi keguruan agar melengkapi berkas pendaftaran khusus sebagai berikut :
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Fotocopy SK Pengangkatan Guru | Minimal 1 Tahun Sebelum Mendaftar Mahasiswa Baru |
Surat Keterangan Mengajar | Ada Keterangan Terhitung Mulai Tanggal - TMT |
Sertifikat Diklat/Pelatihan |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan belum mengikuti diklat. Unduh File Belum Mengikuti Diklat |
Bukti Prestasi |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak memiliki bukti prestasi. Unduh File Tidak Memiliki Bukti Prestasi |
Dapodik |
Jika tidak ada maka unggah kertas dengan tulisan tidak terdata di dapodik. Unduh File Belum Terdata Di Dapodik |
Khusus calon mahasiswa yang memilih prodi Pendidikan Agama Islam dan bukan lulusan Madrasah Aliyah (MA) / Satuan Pendidikan Muadalah setara MA wajib melengkapi berkas tambahan berikut :
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Surat Keterangan Kemampuan Membaca Al-Qur'an | Surat keterangan tersebut diterbitkan oleh instansi yang berkompeten dalam melakukan tes baca al-Qur'an |
Rekognisi Pembelajaran Lampau Program Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (RPL PIKMA) merupakan layanan untuk meningkatkan nilai mata kuliah dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP UT) dengan mendaftar kembali pada program studi yang pernah diambil dan diselesaikan sebelumnya.
Masa studi yang ditempuh mahasiswa minimum 3 semester sesuai mata kuliah yang disetujui proses RPL, semakin banyak mata kuliah disetujui RPL maka semakin sedikit juga mata kuliah belum lulus yang akan diregistrasi.
Calon mahasiswa yang mengajukan RPL dapat melakukan registrasi mata kuliah yang tidak diajukan/belum lulus RPL walaupun mata kuliah tersebut berada antar semester sesuai kurikulum program studi dengan batasan kuota SKS registrasi sesuai kebijakan yang berlaku.
Nilai Mata kuliah yang diakui minimum bernilai B.
Jenis layanan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang mengajukan RPL yakni Non SIPAS dengan kawajiban mengikuti Tutorial online atau modus lainnya.
Biaya registrasi mata kuliah Rp80.000,- per sks + biaya bahan ajar mata kuliah + biaya pengiriman bahan ajar.
Calon peserta RPL PIKMA merupakan lulusan program studi dilingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT dan berijazah sarjana dari program studi yang sama di lingkungan FKIP-UT dengan prodi yang akan ditempuh dengan IPK minimal dari 3.00
Jumlah mata kuliah yang diakui maksimum 70% dari keseluruhan mata kuliah yang dipersyaratkan dalam kurikulum Program Sarjana dengan nilai mata kuliah yang diakui minimum bernilai B.
Mahasiswa wajib mengambil Tugas Akhir Program Sarjana (TAPS) dalam bentuk projek (4 SKS) dan artikel karya ilmiah (0 SKS)
Berikut jadwal pendaftaran dan berkas yang harus disiapkan :
Kegiatan | Batas Waktu |
---|---|
Pendaftaran Mahasiswa Baru | 6 Mei - 10 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Pembayaran Lip Admisi/Biaya Pendaftaran | 6 Mei - 17 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Unggah Berkas Mahasiswa Baru | 6 Mei - 24 Juli 2024 Pukul 23.59 WIB |
Nama Berkas Pendaftaran | Keterangan |
---|---|
Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan | Unduh Formulir Pas Foto dan Tanda Tangan |
Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen | Unduh Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen |
Pas Foto 3x4 | Disarankan Pas Foto Terbaru |
Foto KTP/KK |
Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir di KTP sama dengan yang tertera di Ijasah Terakhir. Jika berbeda harap melakukan menyesuaian data di KTP sesuai data di Ijasah Terakhir |
Fotocopy Ijasah Terakhir |
Ijasah Universitas Terbuka |
Fotocopy Transkrip Nilai Terakhir |
Transkrip Universitas Terbuka |
Melakukan pendaftaran mahasiswa baru secara online di SIA UT melalui laman admisi-sia.ut.ac.id.
Panduan pendaftaran mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana secara online di SIA UT dapat diakses pada link berikut :