Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru Diploma dan Sarjana UT

Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk program diploma dan sarjana Universitas Terbuka (UT) dilaksanakan secara online melalui SIA UT di laman admisi-sia.ut.ac.id. Calon mahasiswa wajib menyiapkan mail aktif untuk digunakan saat membuat akun calon mahasiswa menggunakan Gmail atau Office 365 yang dipastikan dapat diakses sebelumnya.

Pendaftaran mahasiswa baru dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :

Melakukan register akun calon mahasiswa baru Universitas Terbuka program diploma dan sarjana dengan mengakses SIA UT melalui laman admisi-sia.ut.ac.id. Saat mengisi formulir pendaftaran, pada kolom kantor cabang UT dapat memilih Gorontalo.

Panduan pendaftaran calon mahasiswa baru diploma dan sarjana dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Cara Mendaftar Mahasiswa Baru di Universitas Terbuka [Study akademic]

Calon Mahasiswa melakukan pembayaran billing pendaftaran tersebut di bank mitra UT (BRI/BTN/Bank Mandiri/BNI/BSI), PosPay, Gerai Alfagroup, atau Gerai Indomaret.

Biaya pendaftaran hanya berlaku satu kali masa pendaftaran sehingga tidak dapat digunakan untuk masa pendaftaran berikutnya.

Biaya pendaftaran/Admisi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali walupun calon mahasiswa tidak melanjutkan ke proses unggah berkas persyaratan atau Pencatatan data pribadi, termasuk jika calon mahasiswa yang dinyatakan gagal validasi (berkas persyaratan tidak valid/lengkap).

Panduan Pembayaran Billing pendaftaran/admisi Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

PANDUAN PEMBAYARAN BILLING UT

Setelah melakukan pembayaran billing pendaftaran, calon mahasiswa melanjutkan proses pendaftaran dengan mengakses SIA UT dilaman admisi-sia.ut.ac.id untuk mengisi data pribadi dan berkas pendaftaran.

Pastikan berkas pendaftaran sudah lengkap sesuai persyaratan yang ditentukan sebelum diunggah ke SIA UT.

Pastikan juga penulisan nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan di ijasah terakhir sama. Jika berbeda silahkan melakukan perubahan data nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir pada KTP.

Pengisian data dan berkas calon mahasiswa baru terbagi sesuai jenis pendaftaran yang dipilih baik Non RPL maupun RPL.

A. Calon Mahasiswa Non RPL

Panduan Pengisian Data Pribadi dan Data Berkas Calon Mahasiswa Non RPL di SIA UT dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Tutorial Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Terbuka [UT Padang]

B. Calon Mahasiswa RPL

Panduan Pengisian Data Pribadi dan Data Berkas Calon Mahasiswa RPL di SIA UT dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Tata Cara Proses Admisi RPL Universitas Terbuka [Universitas Terbuka TV]

Validasi data calon mahasiswa baru dilakukan oleh staf Universitas Terbuka setelah calon mahasiswa mengisi data pribadi dan data pendukung lainnya di SIA UT

Jika status validasi data calon mahasiswa baru berhasil, maka calon mahasiswa lanjut mencetak kartu mahasiswa sementara dan surat pernyataan.

Jika status validasi data calon mahasiswa baru gagal, maka calon mahasiswa harus melakukan perbaikan data baik data pribadi ataupun data file berkas sesuai pesan dari UT yang dikirim di email aktivasi SIA UT.

Panduan perbaikan data dan berkas pendaftaran di SIA UT melalui laman admisi-sia.ut.ac.id dapat diakses pada video berikut :

Sumber Youtube ID : Panduan Aplikasi SIA - Registrasi Data Pribadi (Part 2/3) [Univesitas Terbuka TV]

Silahkan mencetak kartu mahasiswa sementara sebagai identitas mahasiswa sambil menunggu informasi pencetakan kartu mahasiswa. Kartu mahasiswa digunakan saat pelaksanaan kegiatan akademik termasuk saat pelaksanaan ujian akhir semester (UAS).

Berikut panduan mencetak kartu mahasiswa sementara saat status berhasil divalidasi :

Sumber Youtube ID : Proses Registrasi Sudah di Validasi [Study akademic]

Calon mahasiswa diharuskan melakukan registrasi mata kuliah secara online melalui My UT, atau menghubungi Nomor WhatsApp Pelayanan Mahasiswa (PELMA) UT Gorontalo di wa.me/6282189004878, atau datang ke Kantor UT Gorontalo pada hari dan jam kerja.

Registrasi mata kuliah adalah penentuan mata kuliah atau paket mata kuliah yang akan ditempuh pada suatu semester sesuai kurikulum masing-masing program studi.

Panduan Registrasi Mata Kuliah Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

REGISTRASI MATA KULIAH UT

Sebelum melakukan pembayaran uang kuliah, mahasiswa baru wajib memeriksa kesesuaian pilihan mata kuliah, alamat pengiriman bahan ajar, dan tempat ujian pada billing mata kuliah.

Jika masih terdapat kesalahan pilihan mata kuliah, alamat pengiriman bahan ajar, atau tempat ujian yang dipilih maka dapat melakukan drop/hapus billing mata kuliah dan membuat kembali billing mata kuliah baru sesuai mata kuliah yang diambil.

Jika semua informasi yang ada dibilling mata kuliah sudah sesuai, maka dilanjutkan melakukan pembayaran billing mata kuliah di bank mitra UT (BRI/BTN/Bank Mandiri/BNI/BSI), PosPay, dan Gerai Alfagroup sebelum batas akhir pembayaran billing mata kuliah.

Khusus mahasiswa penerima beasiswa yang telah kerja sama dengan Universitas Terbuka tidak perlu membayarkan billing mata kuliah secara mandiri.

Panduan Pembayaran Billing SPP Universitas Terbuka dapat diakses dilink :

PANDUAN PEMBAYARAN BILLING UT

Setelah melakukan pembayaran uang kuliah, mahasiswa baru nantinya akan mengikuti kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang dilaksanakan oleh UT Gorontalo.

LKBJJ sebagai sarana pengenalan sistem dan cara pembelajaran di Universitas Terbuka (UT) dan fasilitas yang disediakan oleh UT untuk mahasiswa.

Informasi jadwal pelaksanaan LKBPJJ UT Gorontalo nanti akan diinformasikan selanjutnya.