Tentang Universitas Terbuka Gorontalo

Kategori: Uncategorised Ditayangkan: Jumat, 10 Februari 2017 Ditulis oleh Super User

 

 

Kronologi berdirinya UPBJJ Gorontalo

Latar belakang berdirinya UPBJJ-UT Gorontalo

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) membawa dampak terhadap perluasan wilayah dan pemerataan pelayanan pendidikan pada lapisan masyarakat, seperti halnya mahasiswa Universitas Terbuka yang berdomisili di Gorontalo. Sejak tahun 1998 mahasiswa Gorontalo mendapat pelayanan administrasi dan akademis dari UPBJJ-Universitas Terbuka Manadoyang dikoordinir langsung olehDrs. Edi Suleman Ketua Kelompok Belajar Mahasiswa (KBM). Sejak terbentuknya KBM kegiatan mahasiswa sudah mulai nampak terutama kegiatan belajar kelompok tiap jurusan dan mendatangkan petugas /panitia Ujian Akhir Semester (UAS) dari UPBJJ-UT Manado. Sedangkan kegiatan perluasan informasi tentang Universitas Terbuka, Ketua KBM bersama mahasiswa melaksanakan sosialiasasi kekantor-kantor pemerintah maupun swasta dan daerah-daerah sekitar yang dapat dijangkau sehingga tiap semester jumlah mahasiswa bertambah sedikit demi sedikit. Kegiatan ini berlangsung hingga tahun 2000. Pada tahun itu pula terbentuk pengurus KBM yang baru untuk periode tahun 2000 s/d 2002 yang diketuai oleh Nasir Doda, SE.

Dalam periode inilah timbul ide-ide dari mahasiswa, alumni dan KBM mahasiswa Universitas Terbuka Gorontalo yang dimediasi oleh Drs Samiun Husain Dosen FKIP UT yang bertugas di UPBJJ-UT Manado, dimana ide-ide tersebut antara lain:

Permohonan Ujian Komprehensif Tertulis diadakan di Gorontalo, yang disetujui oleh Kepala UPBJJ-UT Manado Prof. Dr.F. Th. Winsy Warow, SpKK untuk diteruskan ke UT Pusat. Dan hasilnya disetujui UT Pusat. Peristiwa Pelaksanaan UKT ini merupakan kebanggan mahasiswa dan pengurus KBMGorontalo karena dalam sejarah masa ujian 2001.2 UKT dilaksanakan diluar UPBJJ dan secara nasional KBM Gorontalo yang pertama melaksanakan UKT didaerahnya sendiri.

Setelah berhasil melaksanakan UKT di Gorontalo, timbul ide dari KBM Gorontalo untuk memisahkan diri dari UT Manado, keinginan tersebut didasari oleh beberapa pertimbangan, antara lain:

  1. Jarak UPBJJ Manado dan Gorontalo yang ± 500 Km,
  2. Kurang lancarnya transportasi,Permohonan ini diwakili oleh Ketua pengurus KBM Nasir Doda, SE yang didukung oleh Kepala UPBJJ-UT Manado dan diteruskan ke UT Pusat. Persetujuan Kepala UPBJJ-UT Manado ini ditindak lanjuti dengan kunjungan ke KBM Gorontalo untuk bersama-sama mengadakan pertemuan dengan Pemda Kota Gorontalo yang diwakili oleg Ir. Gusnar Ismail, MSc, sedang dari pihak UT antara lain; Prof Dr. Winsy Warow, Drs Samiun Husain, Sam Mangindaan, SH, dan Ketua KBM Nasir Doda, SE. Tindak lanjut dari pertemuan tersebut adalah peminjaman sebuah gedung milik pemda untuk dipergunakan pengurus KBM Gorontalo.
  3. Terpilihnya Prof. Dr. H. Nani Tuloli sebagai kepala UPBJJ-UT Gorontalo,
  4. Kantor UPBJJ-UT Gorontalo berlokasi di kompleks Kampus Damhil IKIP Negeri Gorontalo Jl. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, dengan menempati 2 buah bangunan yang dipinjamkan IKIP Negeri Gorontalo.
  5. Nomor 082/J31/KEP.2002 tanggal 14 Mei 2002 tentang pembentukan UPBJJ-UT Gorontalo yang beralamat di kampus Damhil IKIP Negeri Gorontalo Jl Jend. Sudirman no.6 Kota Gorontalo.
  6. Nomor 083/J31/KEP/2002 tanggal 17 Mei 2002 mengangkat Prof. Dr. H. Nani Tuloli sebagai Kepala UPBJJ-UT Gorontalo.
  7. Nomor 6708/J31/KEP/2002 tanggal 17 Mei 2002 mengangkat.
  8. Syarifudin A. Wahab Nip 131418056 sebagai Koord. Admnistrasi Umum dan Hubungan Masyarakat.
  9. Drs Samiun Husain NIP 131418056 sebagai Koord. KemahasiswaanDistribusi benda-benda UT.
  10. Nasir Ahmad Baaman NIP 130902882 sebagai Koord. Pengujian.

 

Terbentuknya UPBJJ-UT Gorontalo

Sejalan dengan terbentuknya pemerintahan propinsi Gorontalotanggal 16 Pebruari 2001 serta beralihnya status STKIP negeri Gorontalo menjadi IKIP Negeri Gorontalo pada tahun 2002 maka Rektor Universitas Terbuka mengirimkan surat kepada Kepala UPBJJ-UT Manado untuk memfasilitasi pertemuan antara Rektor Universitas Terbuka dengan Gubernur Gorontalo, Rektor IKIP negeri Gorontalo, walikota dan bupati serta Dinas P&K Propinsi Gorontalo, tanggal 14 mei 2002 pertemuan tersebut dapat terlaksanakan. Dari pertemuan tersebut melahirkan: Terpenuhinya persyaratan berdirinya UPBJJ-UT Gorontalo,

 

Surat Keputusan Rektor Universitas Terbuka

Surat keputusan tersebut dilanjutkan dengan pelantikan pada tanggal 8 juni 2002 oleh Gubernur Propinsi Gorontalo Ir. Fadel Mohammad yang dihadiri oleh Purek II UT Drs H. Mundari Muhada, Kepala BAUK UT Drs Ahmad Razad, Rektor IKIP Negeri Gorontalo, Rektor Universitas Gorontalo, Rektor STAIN Gorontalo, Kepala Dinas P dan K propinsidan Kabupaten / Kota Gorontalo Staf Pemda Kota dan Kabupaten.

Dilihat: 342