Tahapan Alih Kredit

Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi.

Sistem Alih kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal (Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor: 26 Tahun 2016).

RPL bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam sistem pendidikan formal atau disetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja pada bidang yang sangat khusus atau langka dan dibutuhkan oleh negara seperti dosen, instruktur, guru, tenaga kesehatan dan profesi tertentu lainnya yang sangat spesifik.

Alih kredit di UT dapat dikategorikan sebagai berikut :

a. Alih Kredit dari Perguruan Tinggi Lain ke UT.

Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa atau alumni yang berasal dari perguruan tinggi di luar UT, baik perguruan tinggi negeri, swasta, maupun kedinasan.

b. Alih Kredit dari UT ke UT

Alih kredit ini dilakukan berdasarkan permohonan mahasiswa yang berasal dari program studi lain di lingkungan UT, baik yang statusnya aktif, non-aktif, maupun yang sudah lulus (lihat lampiran 23).

Persyaratan/Dokumen Pendaftaran Alih Kredit yakni :

  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir
  • Fotokopi transkrip yang telah dilegalisir
  • Deskripsi mata kuliah asal yang ditandatangani Kepala Program Studi (Prodi) Perguruan Tinggi asal
  • Fotokopi SK/Sertifikat akreditasi Prodi dari BAN PT
  • Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen yang ditandatangani mahasiswa di atas meterai Rp 6.000,-

Semua dokumen persyaratan tersebut disiapkan softcopy-nya untuk diunggah melalui aplikasi alih kredit saat melakukan pendaftaran. Mahasiswa UT diberi kesempatan mengajukan alih kredit hanya satu kali.

Cara Pendaftaran Alih Kredit yaitu :

  • Mahasiswa mengisi aplikasi alih kredit atau datang langsung ke UPBJJ-UT terdekat untuk meminta bantuan staf UPBJJ-UT melakukan pendaftaran.
  • Mahasiswa mengunggah semua dokumen yang diprasyaratkan.
  • Mahasiswa memperoleh Lembar Informasi Pembayaran (LIP) untuk melakukan pembayaran di Bank atau ATM terdekat atau melalui mesin EDC yang ada di UPBJJ-UT dengan jumlah pembayaran sesuai dengan yang tertera pada LIP.
  • Mahasiswa menerima pemberitahuan bila permohonan alih kredit harus diperbaiki, telah selesai diproses, atau ditolak. Mahasiswa melengkapi persyaratan yang kurang bila mendapat pemberitahuan harus diperbaiki.
  • Mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah setelah menerima SK Alih Kredit.

Total sks yang diakui dalam kurikulum program studi di UT dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Prodi asal terakreditasi A/B.

  • Prodi asal sama dengan prodi UT dapat diakui maksimal 70% dari seluruh MK prodi UT.
  • Prodi asal serumpun dengan prodi UT dapat diakui maksimal 60% dari seluruh MK prodi UT
  • Prodi asal berbeda dengan prodi UT dapat diakui maksimal 50% dari seluruh MK prodi UT.

2. Prodi asal terakreditasi C

  • Prodi asal sama dengan prodi UT dapat diakui maksimal 50% dari seluruh MK prodi UT.
  • Prodi asal serumpun atau berbeda dengan prodi UT dapat diakui maksimal 40% dari seluruh MK prodi UT.

3. Prodi asal terdaftar di PDPT.

  • Prodi asal sama dengan prodi UT dapat diakui maksimal 40% dari seluruh MK prodi UT.
  • Prodi asal serumpun atau berbeda dengan prodi dapat diakui maksimal 30% dari seluruh MK prodi UT.

4. Prodi asal belum terakreditasi/belum terdaftar di PDPT.

  • Prodi asal belum terakreditasi/belum terdaftar di PDPT, maka proses alih kredit tidak dapat dilakukan.

Sumber :

Katalog Sistem Penyelenggaraan 2019/2020