Menuju “Masyarakat 5.0”, UT Dorong Kolaborasi “Triple Helix” Berbasis Teknologi

KOMPAS.com – Teknologi bersamaan dengan era Revolusi Industri 4.0 telah mengubah kondisi ekonomi dan sosial masyarakat menuju Society 5.0 berbasis robotik dan kecerdasan buatan.  Society 5.0 digambarkan sebagai sebuah kondisi sosial di mana manusia dalam menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan memecahkan masalah sosial mulai melakukan integrasi antara ruang maya (online) dan ruang fisik (offline). Guna berpartisipasi memperkuat arah Indonesia menuju Society 5.0, Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka (FE-UT) menggelar “International Seminar on Business, Economics, Social Science and Technology (ISBEST) 2nd” dan “Competition of Public Sector Innovation Award (COPSI) 1st 2019” .

Seminar internasional yang menghadirkan lebih dari 100 pemakalah ini bertujuan memfasilitasi para akademisi, praktisi, peneliti, dan mahasiswa dalam menggali informasi dan penelitian terkait Society 5.0.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menuju “Masyarakat 5.0”, UT Dorong Kolaborasi “Triple Helix” Berbasis Teknologi”, https://edukasi.kompas.com/read/2019/10/27/23144361/menuju-masyarakat-50-ut-dorong-kolaborasi-triple-helix-berbasis-teknologi?page=all.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo