Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Thn. 2019 di Lingkungan UT Gorontalo

28 Oktober 91 Tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1928 di Batavia (Jakarta) lahirlah ikrar yang dipelopori oleh para pemuda-pemuda Indoensia yang saat ini kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Penulisan menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Pada kesempatan yang sama di tanggal 28 Oktober 2019 dalam rangkah memperingati hari “Sumpah Pemuda” seluruh jajaran pegawai di lingkungan Universitas Terbuka (UT) Gorontalo mengikuti upacara bendera yang berlangsung dengan penuh rasa Nasionalis serta memiliki jiwa persatuan. Peringatan hari sumpah pemuda ke-91 mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Harapan yang diinginkan dalam momentum hari sumpah pemuda ini adalah spirit “Bersatu Kita Maju” untuk seluruh warga Indonesia, lebih khusus para pemuda-pemudi Indonesia, pada kesempatan tersebut pembina upacara oleh Burhan Mohamad, SE (Kasubag TU) yang telah membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Berikut sepenggal pidato tersebut: “Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegrasi tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional“.

Lebih lanjut, “Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas, yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia. Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia. Kalau generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primodial suku, agama, ras, dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas – batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”.

Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 91, semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT – Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.